Indahnya Berbagi: Dalam Harta Kita, Ada Hak untuk Mereka

Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan”. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya. (QS. Al Baqarah: 215)

Indahnya Berbagi untuk Periode Desember 2011, alhamdulillah meskipun ada sedikit hambatan dalam penyalurannya (karena saya sakit), namun atas izin Allah berkat do’a dan dukungan dari sahabat-sahabat semua, alhamdulillah bisa tersalurkan sesuai rencana yaitu untuk wilayah Sirampog. Setelah sebelumnya, indahnya berbagi telah disalurkan untuk wilayah Bumiayu pada bulan Oktober serta Tonjong pada bulan November, dan untuk Desember 2011 kemarin adalah untuk wilayah Sirampog

Laporan Indahnya Berbagi Periode Desember 2011, sebagai berikut:

Dari total pemasukan dana sebesar Rp 2.300.000,-, telah disalurkan ke wilayah Sirampog, untuk sejumlah anak-anak yatim & yatim piatu (sedikit meringankan biaya pendidikan), dhu’afa dan jompo.

Dan berikut data-data penyaluran Indahnya Berbagi Wilayah Sirampog:

1. Indahnya Berbagi untuk Putri Kembar, Prita & Preti (TK – 5 tahun), berasal dari keluarga kurang mampu, dan ibunya menderita penyakit yang menyerang sistem syarafnya.

Prita & Preti bersama Ibunya

2. Indahnya Berbagi untuk Ibu Umaroh, Penderita Penyakit Lupus. Sebelumnya, anaknya yang masih balita juga menderita busung lapar, dan sehari sebelum tim IB mendatangi, anaknya telah dipanggil oleh Allah SWT.

Indahnya Berbagi bersama Ibu Umaroh

3. Indahnya Berbagi bersama Ibu Liha, dari keluarga kurang mampu dengan dua orang anaknya yang masih balita dan sakit-sakitan. Suaminya sendiri merantau ke luar daerah, bekerja serabutan dan jarang pulang, sehingga hidup sehari-harinya mengalami kesulitan dan untuk makan sehari-hari, sering berhutang sana-sini sama tetangga.

Ibu Liha dengan kedua anaknya yg masih balita

4. Indahnya Berbagi Bersama Ibu Tiyem, jompo yang hanya tinggal bersama seorang anaknya yang mengalami keterbelakangan.

Abd. Rozak bersama ibu Tiyem

5. Indahnya Berbagi untuk Ananda Yudi (siswa MTs kelas 1), yatim yang ditinggal bapaknya dengan cara yang mengenaskan (mengakhiri hidup sendiri). Menurut keluarga, faktor ekonomi yang menyebabkan Bapaknya Yudi memilih jalan itu.

Indahnya Berbagi bersama Ananda Yudi yg diwakilkan oleh ibunya

6. Indahnya Berbagi bersama Ananda Jimbaran Rizqi (kelas 5 SD) & Risqi Antoro (2 Mts), kakak beradik yang merupakan anak yatim. Bapaknya telah meninggal dan tinggal ibunya (Ibu Musriatun) yang menjadi tumpuan dalam memenuhi kebutuhan mereka.

ms Hasan bersama Jimbaran Rizqi & Ibu Musriatun

7. Indahnya Berbagi bersama Ananda Ariel (kls 3 SD) & Asrosi (kls 2 STM), kakak beradik ini merupakan anak yatim, Bapaknya telah meninggal dan ibunya (Ibu Sopiyah) yang kini menjadi tulang punggung keluarga.

Ms Hasan Bersama Ananda Asrori

8. Indahnya Berbagi bersama Ananda Hayana Tardo (3 STM), anak yatim bersama adik-adiknya yang masih sekolah juga, Mujtahidin (3 MI), Mela Melati (2 Mts). Tinggal bersama Ibunya (Ibu Hanifah).

ms Hasan bersama Ananda Hayana Tardo

9. Indahnya Berbagi bersama Ananda Priyo Abdi Susilo (4 SD) & Lia Ambarwati (2 SMP),  kakak beradik ini merupakan anak yatim piatu, dan kini tinggal bersama pamannya.

Ms Sidiq bersama Ananda Priyo & Lia

10. Indahnya Berbagi bersama Nur Atikah (1 MTs). Nur Atikah sebenarnya masih ada orang tuanya tapi sekarang dia tinggal bersama pamannya. Menurut pamannya, Nur Atikah seperti anak yang ditelantarkan oleh orang tuanya. Kedua orangtuanya pergi merantau dan tak pernah kembali dan membiaya hidup anaknya itu, dan itu menjadi beban tambahan buat pamannya.

Nur Atikah & Pamannya

Demikian laporan perkembangan Indahnya Berbagi untuk Periode Desember 2011 yang disalurkan untuk wilayah Sirampog. Mohon maaf atas keterlambatan laporan ini, dan semoga Allah memberkahi, melancarkan jalan rizki, serta menjadikan kita sebagai orang-orang yang pandai bersyukur. Allahumma Aamiin.

Untuk selanjutnya, kegiatan berbagi ini masih berlanjut, dan insya Allah untuk periode Januari 2012 ini, dari dana yang terkumpul nanti akan disalurkan untuk wilayah Paguyangan. Seperti biasanya, apabila ada yang hendak berpartisipasi, ditunggu sampai tanggal 15. Terimakasih atas segala do’a dan dukungan sahabat semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: